Kamis, 02 Juni 2011

BAB III


BAB   III
STRUKTUR,  MUATAN KURIKULUM DAN REGULASI

A.     STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ).
Struktur kurikulum terdiri atas tiga komponen, yaitu komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut :
1.                  Kelompok mata pelajaran agama dan akhlaq mulia;
2.                  Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
3.                  Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
4.                  Kelompok mata pelajaran estetika; dan
5.                  Kelompok mata pelajaran jasmani olah raga dan kesehatan.
Sedangkan komponen muatan lokal dan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum.
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Grujugan  meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun, yakni mulai kelas VII sampai dengan kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada setiap mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       Kurikulum ini memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur Kurikulum.
b.      Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah Kabupaten Bondowoso, termasuk didalamnya keunggulan khas daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran lainnya. Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah, melalui musyawarah unsur pendidik, tenaga kependidikan  dan komite sekolah serta dapat pula melibatkan tokoh masyarakat  yang paham akan potensi keunggulan yang perlu dikembangkan oleh sekolah.  
c.       Pengembangan diri,  bukan merupakan mata pelajaran. Pengembangan diri dapat diasuh oleh guru atau tenaga kependidikan, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai  bakat dan minat setiap peserta didik  dengan memperhatikan tingkat kesiapan tenaga yang direkrut oleh sekolah. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat pula dikembangkan dalam bentuk kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling yang berkenaan dengan masalah  pribadi,  kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik.
d.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA terpadu  dan “IPS terpadu”.
e.       Jam pembelajaran sebanyak 34 jam tatap muka dalam seminggu sedang untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
f.       Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 (empat puluh) menit.
g.      Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran berkisar  31 – 36 minggu.

Tabel :  Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Grujugan 

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1.     Pendidikan Agama
2
2
2
2.     Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.     Bahasa Indonesia
5
5
5
4.     Bahasa Inggris
4
4
4
5.     Matematika
5
5
5
6.     Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7.     Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.     Seni Budaya
2
2
2
9.     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
10. Ketrampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B. Muatan Lokal



1.      Bahasa Daerah Madura
2.      Baca Tulis Al-Qur’an
2
2
2
2
2
2




Jumlah
36
36
36
2)* = Equivalen dengan 2 jam pelajaran. Dilaksanakan diluar jam pelajaran
Sedangkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata Pelajaran di SMP Negeri 1 Grujugan  meliputi :

1.   Pendidikan Agama Islam

1.1    Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
1.2    Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
1.3    Menjelaskan serta membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuf dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
1.4    Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat- shalat munfarit dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
1.5    Memahami dan mempelajari sejarah Nabi Muhammad dana para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara

2.   Pendidikan Kewarganegaraan

2.1    Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma- norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2    Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
2.3    Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
2.4    Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945
2.5    Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
2.6    Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah
2.7    Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
2.8    Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya

3.   Bahasa Indonesia

3.1    Mendengarkan
         Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan synopsis novel.
3.2    Berbicara
         Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protololer, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama.
3.3    Membaca
         Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan.
3.4    Menulis
         Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen.

 

4.   Bahasa Inggris

4.1    Mendengarkan
         Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4.2    Berbicara
         Mengungkapkan makna secara lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4.3    Membaca
         Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4.4    Menulis
         Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

5.   Matematika

5.1    Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributive), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
5.2    Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidak-samaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, system persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
5.3    Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis) singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
5.4    Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan table, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.5    Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
5.6    Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
5.7    Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama.

6.   Ilmu Pengetahuan Alam

6.1    Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam table dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
6.2    Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar mahluk hidup di dalam ekosistem
6.3    Memahami system organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
6.4    Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
6.5    Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6.6    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

7.   Ilmu Pengetahuan Sosial

7.1    Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
7.2    Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia
7.3    Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
7.4    Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
7.5    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu budha, sampai masa Kolonial Eropa
7.6    Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7.7    Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
7.8    Mendeskripsikan perubahan social-budaya dan tipe-ripe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit social sebagai akibat penyimpangan social dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya.
7.9    Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra, keterkaitan unsure-unsur geografi dan penduduk, serta cirri-ciri negera maju dan berkembang
7.10  Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
7.11  Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk social dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
7.12  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/ jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.

8.   Seni  Budaya

8.1    Seni Rupa

8.1.1 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
8.1.2 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
8.1.3 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

8.2    Seni Musik

8.2.1 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok
8.2.2 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok
8.2.3 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara  secara perseorangan dan berkelompok

8.3    Seni Tari

8.3.1 Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
8.3.2 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
8.3.3 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
8.3.4 Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

9.1    Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
9.2    Mempelajari teori senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
9.3    Mempelajari teori renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung
9.4    Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana
9.5    Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
9.6    Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba

10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

10.1  Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang
10.2  Menguasai dasar-dasar keterampilan komputer
10.3  Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
10.4  Mengenalkan prinsip dasar internet / intranet dan menggunakannya untuk  memperoleh informasi


11. Muatan Lokal Bahasa Daerah Madura

11.1  Mendengarkan
         Mendengarkan dan memahami isi wacana lisan sastra dan non sastra dalam bentuk menyimpulkan tema wacana yang dibacakan dengan kalimat baku dan menceritakan kembali isi wacana non sastra (eksposisi) yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
11.2  Berbicara
         Mengungkapkan pikiran, pendapat dan gagasan secara lisan dengan menggunakan ragam bahasa Madura dalam berbagai kegaitan dalam bentuk bertanya jawab dengan teman tentang isi wacana, dan menceritakan kembali isi wacana dengan ragam bahasa dan gaya bercerita yang baik.
11.3  Membaca
         Membaca dan memahami ragam wacana sastra dan non sastra dalam bentuk membaca wacana dengan artikulasi yang tepat, membaca indah puisi Jawa modern (geguritan) dan menemukan gagasan pokok dalam wacana.
11.4  Menulis
         Mengungkapkan pikiran, gagasan, dan pendapat dalam ragam tulis dengan huruf Latin dan huruf Jawa dalam bentuk menulis kata dasar dan kata jadian dan menulis huruf Jawa legena, sandhangan, dan pasangan.

12. Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an

1.1    Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
1.2    Menerapkan tata cara menulis Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara menulis “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah.


B.     MUATAN KURIKULUM
1.      Mata Pelajaran
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran ( SK-KMP) untuk masing- masing bidang adalah sebagai berikut :
1.1    Pendidikan Agama,bertujuan untuk :
1)      Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2)      Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
3)      Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
4)      Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan martabat sebagai makhluk hidup.
5)      Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
6)      Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab.
7)      Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama.

1.2   Kewarganegaraan dan Kepribadian, bertujuan untuk :
1)      Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2)      Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan.
3)      Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
4)      Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
5)      Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
6)      Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
7)      Menunjukkan sikap percaya diri.
8)      Menunjukkan sikap kegemaran membaca dan menulis.
9)      Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai degan potensi yang dimilikinya.
10)  Menghargai tugas pekerjaan dan memilki kemampuan untuk berkarya.
11)  Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan sehari-hari.
12)  Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
13)  Menghargai adanya perbedaan pendapat.
14)  Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia.

1.3   Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, bertujuan untuk :
1)      Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis dan kreatif.
2)      Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
3)      Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4)      Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan seharai-hari.
5)      Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
6)      Memanfaatkan lingkungan secara bertangung jawab.
7)      Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
8)      Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
9)      Memiliki ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana.
10)  Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.

1.4   Estetika, bertujuan untuk :
1)      Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni.
2)      Menghargai karya seni, budaya, dan ketrampilan sesuai dengan kekhasan lokal.
3)      Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni.


1.5   Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, bertujuan untuk :
1)      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
2)      Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya local untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
2.      Muatan Lokal
Sesuai surat keputusan Gubernur  Jawa Timur dan  tentang penetapan muatan lokal sebagai berikut :
a.       Bahasa daerah (Madura) sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai budaya (Madura) masyarakat setempat dalam wujud komunikasi, hasil karya dan apresiasi sastra.
b.      Baca Tulis Al-Qur’an sebagai upaya mempertahankan generasi muda agar tidak kehilangan kemampuan dan pemahaman tentang membaca dan menulis Al-Qur’an di era modernisasi teknologi informasi dan komunikasi.
c.       Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal dialokasikan dua jam pelajaran setiap minggu.
3.      Kegiatan Pengembangan Diri
Berdasarkan kondisi obyektif sekolah, kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan sebagai berikut :
a.       Kegiatan Pelayanan Konseling, bertujuan untuk memberi layanan :
1). Kesulitan belajar siswa;
2). Pengembangan karier siswa;
3). Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi bersifat umum/
     kejuruan;
4). Masalah dalam kehidupan sosial siswa.
b.      Karya Ilmiah Remaja bertujuan :
1).     Melatih siswa berpikir kritis / ilmiah;
2).     Melatih siswa terampil dalam menulis karya ilmiah;
3).     Melatih siswa untuk berani mengungkapkan ide/gagasan yang dituangkan dalam penulisan karya ilmiah.
4).     Mengikutsertakan siswa dalam berbagai kompetisi / lomba IPTEK
c.       Kepramukaan, bertujuan untuk :
1).     Sebagai wahana untuk berlatih berorganisasi;
2).     Melatih siswa agar terampil dan mandiri;
3).     Melatih siswa untuk mempertahankan hidup;
4).     Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain;
5).     Mengembangkan sikap kerjasama;
6).     Melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.
Kompetensi dasar kepramukaan adalah :
a.         Ketrampilan Dasar
b.        Peraturan Baris – Berbaris (PBB)
c.         Permainan Kelompok / Game
d.        Tali temali
e.         Morse dan sandi
d.      Keagamaan, Olahraga, serta Seni dan Budaya, bertujuan untuk :
1).     Sholat Dhuhur berjamaah bagi yang beragama Islam secara bergilir setiap kelas  berdasar jadwal;
2).     Doa bersama dan budaya amal;
3).     Mengembangkan seni baca Al Qur’an dan kaligrafi;
4).     Mengembangkan kajian agama Islam sebagai upaya melatih siswa berakhlak mulia;
5).     Mengembangkan olah raga : senam, permainan;
6).     Mengembangkan seni budaya : seni rupa, olah vocal dan musik,  seni tari dan teater;
Kompetensi dasar Keagamaan adalah :
a.   Membaca dengan fasih dan mengartikan surat al Fatihah, al Ikhlas, dan al Ashr
b.  Membaca dengan fasih dan mengartikan surat al Maun, dan al Fiil
c.   Membaca dengan fasih dan mengartikan surat az Zalzalah, dan al Bayyinah
d.  Tajwid, mempraktikkan hukum bacaan nun mati (tanwin), dan mim mati pada QS al Fatihah, al Ikhlas, al Ashr, al Maun, al Fiil, az Zalzalah, dan al Bayyinah
e.   Tajwid, mempraktikkan hukum bacaan idghom mutaqaribain, idghom mutajanisain pada ayat-ayat pilihan
f.   Tajwid, mempraktikkan bacaan imalah, isymam, naql, tashil, dan bacaan saktah pada QS Hud ayat 41, QS Yusuf ayat 11, QS al Hujurat ayat 11, QS Fushshilat ayat 44, QS al Kahfi ayat 1, QS Yasin ayat 56, QS al Qiyamah ayat 27 dan QS Muthaffifin ayat 14.
Kompetensi dasar Bola Voli adalah :
a.          Melakukan teknik dasar servis dengan kontrol yang baik
b.         Melakukan teknik dasar passing atas dan bawah
c.          Melakukan teknik dasar smash
d.         Mengenal beberapa posisi dalam permainan bola voli
e.          Mengordinasikan gerakan dengan teman satu tim
Kompetensi dasar Seni Musik adalah :
a.       Siswa dapat mengenal alat – alat musik tradisional di daerahnya
b.      Siswa berlatih memainkan alat – alat musik tradisional (hadra, gendang, dan alat musik lainnya)
c.       Siswa berlatih memadukan musik dengan menyanyikan lagu – lagu daerah setempat
d.      Siswa berlatih memainkan alat musik sambil menyanyikan lagu – lagu daerah setempat
e.       Siswa berlatih alat –alat musik yang modern (gitar dan keyboard) dengan memadukannya dengan alat – alat musik tradisional.
e.       Hidup budaya bersih, yang bertujuan untuk :
1).    Melestarikan kebersihan ruangan kelas, lingkungan fasilitas sekolah dan kebersihan pribadi;
2). Mendidik budaya  kerindangan, perawatan taman dan bunga demi terwujudnya Bondowoso sebagai kota kembang.
f.       Mekanisme Pelaksanaan :
1).  Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan pada hari efektif dan tidak mengurangi jam mata pelajaran, bila sangat terpaksa boleh dilaksanakan diluar jam efektif atau pada hari Minggu.
2)      Kegiatan pengembangan diri dibina oleh guru , tenaga kependidikan, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan kepala sekolah.




Jadwal Kegiatan dan Alokasi Waktu (kelas 7, 8 dan 9)
NO.
NAMA KEGIATAN
HARI
WAKTU
1
Kegiatan Layanan Konseling
Sabtu
08.00 -10.40
2





Kegamaan :
Sholat Duhur Berjamaah
Doa bersama dan budaya amal
Baca Tulis Al-Qur’an dan kaligrafi


Senin-Kamis
Senin
Sabtu
Sabtu

12.00-12.40
07.00-07.40
07.40-10.20
07.40-10.20

3
Kegiatan Kepramukaan
Sabtu
15.00-17.00
4
Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja
Fakultatif

5


6
7

8
Penguatan Matematika dan sain, Aplikasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
Kegiatan Olah Raga dan Seni
Budaya bersih lingkungan kelas,  sekolah dan kerindangan
Kegiatan Komputer
Selasa-Rabu-Kamis-Jumat

Sabtu
Fakultatif

Sabtu

05.30-06.50

07.40-10.20


07.00-09.30

4.Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai secara kualitatif dan dilaporkan oleh guru pembina kepada kepala sekolah dan secara berkala kepada sekolah menyampaikan laporan kepada  orang tua melalui wali kelas.

4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar diatur dengan cara berikut :
a.       Beban belajar dalam sistem paket digunakan oleh SMP Negeri 1 Grujugan  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b.      Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan  alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. Kurikulum SMP Negeri 1 Grujugan  menambah 4 ( empat ) jam tatap muka per minggu secara keseluruhan untuk kegiatan muatan lokal dan 2 jam tatap muka untuk pengembangan diri. Pemanfaatan jam pembelajaran penguatan mata pelajaran matematika, sain, aplikasi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi kelulusan ujian nasional, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang dianggap sulit dan tidak terdapat didalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi.
c.       Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket. untuk SMP Negeri 1 Grujugan  berkisar 25% - 40%  dari waktu kegiatan tatap muka setiap mata pelajaran.. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.
d.      Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka di sekolah.
Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
Jumlah jam pembelajaran per minggu
Minggu efektif per tahun ajaran
Waktu pembelajaran / jam per tahun
VII
40
36
36
1.368
VIII
40
36
36
1.296
IX
40
36
31
1.178

5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar didasarkan pada beberapa pertimbangan, diantaranya : intake peserta didik, tingkat esensial dari masing-masing KD / mata pelajaran, kemampuan daya dukung (sarana/prasarana), dan kompleksitas tiap-tiap mata pelajaran.
Berdasarkan pertimbangan tersebut ditentukan ketuntasan  belajar berkisar antara  60 % - 70 %.
Peserta didik yang belum dapat mencapai ketuntasan belajar 60 % - 70 % harus mengikuti program perbaikan (remedial) sampai mencapai ketuntasan belajar yang dipersyaratkan. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar diatas 70 % dapat dan berhak mengikuti program pengayaan (enrichment).

6. Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
a.   Menyelesaikan seluruh program mata pelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti;
b.   Tidak terdapat nilai dibawah KKM lebih dari 3 mapel pada semester yang diikuti;
c.   Memiliki nilai minimal baik untuk aspek kepribadian : kelakuan, dan  C untuk kerajinan pada semester yang diikuti;
d.   Ketidak hadiran tanpa izin (alpha) maksimal 10 % dari jumlah hari efektif pada semester yang diikuti.
7. Kriteria Kelulusan
Berdasarkan PP nomor 19 / 2005 pasal 72 ayat 1, peserta didik dinyatakan lulus jika :
1) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
2) Memperoleh nilai rata-rata minimal 65 pada penilaian akhir untuk seluruh kelompok mata pelajaran :
1.      Agama dan akhlaq mulia;
2.      Kewarganegaraan dan kepribadian;
3.      Ilmu pengetahuan dan Teknologi;
4.      Estetika;
5.      Jasmani, olahraga dan kesehatan
3) Lulus ujian sekolah untuk semua kelompok mata pelajaran yang diujikan secara praktik dan tertulis.
4) Lulus ujian nasional.
5) Memiliki penilaian sikap perilaku sekurang-kurangnya bernilai baik.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Ketuntasan belajar ditentukan berdasarkan:
a.       Tingkat esensial dari masing-masing Kompetensi Dasar / Mata Pelajaran
b.      Sarana Prasarana sekolah
c.       Kompleksitas Mata Pelajaran
d.      Kemampuan Peserta Didik
e.       Kemampuan Guru
Berdasar pertimbangan di atas KKM setiap Mata Pelajaran di SMP Negeri 1 Grujugan  ditetapkan sebagai berikut:
No.
Mata Pelajaran
KKM
1
Pendidikan Agama
7.0
2
Pendidikan Kewarganegaraan
7.0
3
B. Indonesia
7.0
4
B. Inggris
6.5
5
Matematika
6.5
6
IPA
6.6
7
IPS
7.0
8
Seni Budaya
7.0
9
Penjas, Orkes, Kesehatan
7.0
10
Keterampilan / TI
7.0
11
Mulok
7.0
Catatan :
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan sesuai KKM yang telah ditentukan,  wajib mengikuti kegiatan remidi. Remidi dapat dilakukan berulang kali sampai siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal setiap Kompetensi Dasar. Nilai hasil remidi tidak dapat melebihi dari KKM. Bagi siswa yang telah mencapai nilai sama atau lebih besar dari KKM akan mendapat layanan pengembangan materi. Maka dengan demikian guru dalam menyusun RPP perlu menyiapkan materi untuk remidi dan indikator pengembangan Kompetensi Dasar untuk pelayanan pengembangan pengayaan materi.

KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
Kriteria kenaikan dan kelulusan dilaksanakan pada setiap akhir ajaran dan akhir masa belajar. Kriteria dibuat berdasarkan hasil rapat dewan guru dan pedoman penilaian.
1.      Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik SMP Negeri 1 Grujugan  dinyatakan naik kelas jika telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
1)      Nilai Akademis
    1. Nilai semester gasal lengkap
    2. Nilai semester genap lengkap dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut:
(a)    Memiliki nilai kurang dari SKM maksimal 3 mata pelajaran yang mencakup seluruh aspek.
(b)    Memiliki nilai kurang dari SKM maksimal 7 aspek seluruh mata pelajaran.
(c)    Tidak memiliki nilai < 6.5 dari seluruh mata pelajaran. 

2)      Nilai Non Akademis
    1. Nilai perilaku pada semester genap sebagai berikut:
(a)    Nilai minat dan motivasi minimal B
(b)   Nilai kelakuan minimal B
(c)    Nilai kerajinan minimal B
(d)   Nilai Kerapian minimal B
    1. Nilai Ekstra Kurikuler
Pada semester genap memiliki minimal satu nilai ekstra kurikuler wajib dengan nilai minimal B.
    1. Prosentase Kehadiran
Kehadiran selama 1 semester  minimal 90% dari hari efektif belajar dengan rumus:
           

2.      Kriteria Kelulusan
Berdasarkan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat (1) Peserta Didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
1)      Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2)      Tidak ada nilai < 6,5 untuk mata pelajaran yang diujikan sekolah dengan nilai rata-rata semua mata pelajaran ujian sekolah > 6.5
3)      Lulus Ujian Nasional
4)      Memiliki nilai minimal B untuk aspek kepribadian yang meliputi kelakuan, kerapian, kerajinan, dan kebersihan.
5)      Jumlah kehadiran selama 1 tahun pelajaran di kelas akhir minimal 90% dari hari efektif belajar. 

Berdasar pertimbangan di atas KKM setiap Mata Pelajaran di SMP Negeri 1 Grujugan  bagi peserta ujian sekolah dan ujian nasional ditetapkan sebagai berikut: :
No.
Mata Pelajaran
KKM
1
Pendidikan Agama
7.0
2
Pendidikan Kewarganegaraan
7.0
3
B. Indonesia
7.0
4
B. Inggris
6.5
5
Matematika
6.5
6
IPA
6.6
7
IPS
7.0
8
Seni Budaya
7.0
9
Penjas, Orkes, Kesehatan
7.0
10
Keterampilan / TI
7.0
11
Mulok
7.0

8. PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
a.       Kurikulum SMP Negeri 1 Grujugan, pendidikan kecakapan hidup mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan atau kecakapan vokasional.
b.      Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran dan atau berupa paket/modul yang direncanakan secara khusus.
c.       Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan atau dari satuan pendidikan formal lain dan/atau non formal.

9. PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL
a.       Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dengan maksud memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam  aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.
b.      Kurikulum untuk semua tingkat satuan pendidikan dapat memasukkan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.
c.       Terdapat alternatif pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global yaitu merupakan bagian dari semua mata pelajaran atau juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal.
d.      Pendidikan berbasis keunggulan lokal dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan atau nonformal yang sudah memperoleh akreditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar