Kamis, 02 Juni 2011

BAB II


BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN

A. TUJUAN PENDIDIKAN TINGKAT DASAR
            Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulai serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan tingkat lanjut.

B. VISI SMP NEGERI 1 GRUJUGAN BONDOWOSO
Visi      :  Unggul dalam prestasi dan mandiri yang berpijak pada ilmu pengetahuan, teknologi serta iman dan taqwa
Indikator Visi :
1.      Terwujudnya lulusan yang cerdas, berprestasi, kompetitif, beriman dan bertaqwa
2.      Terwujudnya KTSP di sekolah
3.      Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efesien
4.      Terwujudnya sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan handal
5.      Terwujudnya sarana prasarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
6.      Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel
7.      Terwujudnya standart penilaian akademik dan non akademik
8.      Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang bervariatif
9.      Terwujudnya yang nyaman, indah, rindang, bersih, serta kondusif untuk belajar

C. MISI SEKOLAH
1.      Mewujudkan siswa yang trampil dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta disiplin, berkepribadian, berakhlak mulia sebagai dasar penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.      Mewujudkan dokumen  KTSP yang lengkap, mutakhir dan berwawasan ke depan
3.      Mewujudkan pelaksanaan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dengan pendekatan CTL.
4.      Mewujudkan peningkatan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
5.      Melengkapi sarana dan prasarana sekolah, alat-alat Bantu pembelajaran, multimedia sehingga tercapai standar pelayanan minimal (SPM)
6.      Mewujudkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah yang transparan dan akuntabel
7.      Mewujudkan pengembangan sistem penilaian yang sesuai dengan KTSP
8.      Mewujudkan upaya-upaya penggalangan biaya pendidikan dengan melibatkan semua stakeholder
10.  Mewujudkan tatanan lingkungan hingga tercipta suasana yang nyaman, indah, rindang, bersih, serta kondusif untuk belajar

D.                TUJUAN SEKOLAH
1.   Tujuan Jangka Pendek
Pada kurun waktu satu tahun kedepan (tahun pelajaran 2009/2010) diharapkan sekolah telah mencapai tujuan sekolah berikut :
1)       Pencapaian Standar  Kompetensi Lulusan
1.1. Tercapainya peningkatan prestasi akademik
1.1.1 Sekolah mampu mencapai rata-rata KKM semua mapel 6.5
Sasaran:
a.           Melengkapi buku pegangan siswa semua mata pelajaran
b.          Mengaktifkan MGMP sekolah
c.           Mengikutsertakan guru dalam MGMP kabupaten
          1.1.2 Sekolah mampu mencapai rata rata kelulusan 8,43
          Sasaran:
a.           Melengkapi materi mata pelajaran UNAS.
b.          Mengadakan pendalaman materi UNAS.
c.           Mengadakan Try Out oleh sekolah
d.          Mengadakan Try Out bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar
          1.1.3 Memperoleh  peringkat 10 besar lomba olimpiade MIPA kab
          Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa untuk mata pelajaran Sains
b.          Melengkapi referensi olimpiade untuk mata pelajaran Sains.
c.           Melaksanakan uji coba materi olimpiade Sains
          1.1.4 Sekolah memperoleh juara/peringkat 3 lomba mapel Bahasa Inggris tingkat kabupaten
a.           Mengatur jadwal Kursus
b.          Menyusun program pembelajaran yang berbasis IT
c.           Mengintensifkan penggunaan Percakapan/conversation

1.2. Tercapainya prestasi non akdemik
1.2.1. Sekolah memperoleh juara Semifinal sepak bola tk kab/kota
Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa.
b.          Mendatangkan pelatih.
c.           Mengadakan latih tanding dengan tim sekolah lain
1.2.2 Sekolah memperoleh Juara 3 Pioneering tingkat kabupaten
Sasaran:
a.           Membuat jadual latihan rutin
b.          Sering mengadakan perkemahan

1.2.3 Sekolah memperoleh Juara 1 Tartil tingkat Kab.
Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa.
b.          Mendatangkan pelatih
c.           Mengikutsertakan lomba tartil tingkat propinsi.
1.2.4 Memperoleh juara tingkat kabupaten lomba tari
Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa.
b.          Mendatangkan pelatih
c.           Mengikutsertakan dalam lomba-lomba tari.
1.2.5 Memperoleh juara 3 lomba musik/vokal
Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa.
b.          Mendatangkan pelatih
c.           Mengikutsertakan dalam lomba-lomba musik.
1.2.6 Memperoleh juara lomba atletik
Sasaran:
a.           Mengadakan pembinaan intensif bagi siswa.
b.          Mendatangkan pelatih
c.           Mengikutsertakan dalam lomba-lomba yang diadakan.oleh kabupaten.

1.3  Kelulusan siswa
1.3.1 Sekolah mencapai jumlah kelulusan  100% dan rata-rata >= 7,00
Sasaran:
a.           Penambahan frekwensi pembekalan bagi siswa dengan rata-rata dibawah 7,00
b.          Penambahan frekwensi try out bagi siswa dengan rata-rata dibawah 7,00
1. 4  Melanjutkan studi
1.4.1 Jumlah lulusan yang melanjutkan studi.
          Sasaran:
a.           Memberi motivasi pada siswa yang lulus
b.          Melakukan pendataan bagi siswa yang lulus

2) Pencapaian standar isi ( kurikulum )
2.1: Terpenuhinya dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
Sasaran:
  a. Sekolah  dapat menyempurnaan buku I KTSP
2.2  Sekolah menyempurnakan silabus semua mata pelajaran kelas 7-8-9
Sasaran:
a.       Penyempurnaan silabus kelas 7
b.      Penyempurnaan silabus kelas 8
c.       Penyempurnaan silabus kelas 9
2.3       Sekolah dapat menyempurnakan RPP untuk semua mapel kelas 7-8-9
Sasaran:
a.   Penyempurnaan RPP kelas 7
b.  Penyempurnaan RPP kelas 8
c.   Penyempurnaan RPP kelas 9
2.4                    Sekolah dapat menyusun Sylabus Mulok Bahasa Daerah
Sasaran:
a.       Menyusun silabus mulok badar kelas 7
b.      Menyusun silabus mulok badar kelas 8
c.       Menyusun silabus mulok badar kelas 9
2.5                    Sekolah dapat menyusun RPP Mulok Badar
        Sasaran:
a.       Menyusun RPP Mulok Badar kelas 7
b.      Menyusun RPP Mulok Badar kelas 8
c.       Menyusun RPP Mulok Badar kelas 9

3)  Pencapaian Standar Proses
        3.1         Peningkatan Persiapan pembelajaran
          Sasaran:
a.       Sekolah dapat meningkatkan Kesiapan guru mengajar
b.      Sekolah mampu memenuhi kepemilikan silabus oleh guru.
c.       Sekolah mampu memenuhi kepemilikan RPP oleh guru
d.      Guru dapat meningkatkan kepemilikan sumber belajar/bahan ajar
e.       Guru dapat mengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa
        3.2  Peningkatan Persyaratan Pembelajaran
          Sasaran:
a.       Sekolah dapat mencapai Jumlah siswa per rombel 32
b.      Sekolah memenuhi beban mengajar guru 24 jam
c.       Sekolah mampu memenuhi Ratio antara jumlah siswa dengan buku paket mapel
d.      Peningkatan Pengelolaan kelas
        3.3  Sekolah dapat meningkatan kesiapan pelaksanaan pembelajaran
          Sasaran:
a.       Guru dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan pendekatan CTL
b.      Sekolah dapat meningkatkan kegiatan PTK oleh guru
c.       Guru dapat meningkatkan penggunaan Media dan metode pembelajaran
d.      Sekolah dapat melaksanakan pembelajaran bilingual
        3.4         Sekolah meningkatkan proses pelaksanaan penilaian pembelajaran
          Sasaran:
a.       Sekolah dapat meningkatkan Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar
b.      Guru dapat meningkatkan Variasi model penilaian
c.       Guru dapat meningkatkan pelaksanaan analisis hasil belajar
d.      Sekolah dapat meningkatkan pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian
3.5                    Peningkatan Pengawasan proses pembelajaran
Sasaran:
a.       Sekolah dapat meningkatkan cakupan kegiatan supervisi pembelajaran
b.      Sekolah dapat menginfentarisir dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran
c.       Sekolah dapat meningkatkan cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran
4)  Pencapaian Standar Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
   4.1 Peningkatan kompetensi Kepala Sekolah
Sasaran:
a.       Peningkatan penguasaan TIK
b.      Peningkatan penguasaan MBS
c.       Peningkatan penguasaan administrasi supervisi, monitoring dan evaluasi
d.      Peningkatan penguasaan KTSP
   4.2: Peningkatan kompetensi tenaga pendidik
Sasaran:
a.       Peningkatan penguasaan administrasi
b.      Peningkatan penguasaan belajar tuntas
c.       Peningkatan penguasaan TIK
d.      Peningkatan penguasaan sistem penilaian
e.       Peningkatan kompetensi melalui sertifikasi
       4.3: Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
Sasaran:
a.       Peningkatan penguasaan TIK
b.      Peningkatan penguasaan bahasa Inggris
c.       Peningkatan penguasaan manajemen

5) Pencapaian standar  Sarana dan Prasarana
   5.1: Terpenuhi kebutuhan sarana/prasarana dan fasilitas sekolah
Sasaran:
a.    Sekolah dapat  melengkapi sarana ruang kelas sesuai kebutuhan minimal
b.    Sekolah dapat memanfaatkan dan melengkapi kebutuhan ruang UKS
c.    Sekolah dapat melengkapi dan merawat KM/WC guru dan siswa
       5.2: Terpenuhinya sarana dan prasarana penunjang lainnya.
Sasaran:
a.       Sekolah mampu membangun Lab. Bahasa dengan bantuan pemerintah dan komite serta bantuan DU/DI
b.      Sekolah dapat melengkapi kebutuhan Lab. IPA sesuai dengan standar
c.       Sekolah dapat mengembangkan jaringan bagi semua ruangan yang memiliki unit komputer.
d.      Sekolah dapat membangun ruang multimedia bagi pembelajaran siswa dengan bantuan pemerintah, komite dan DU/DI
e.       Sekolah dapat melengkapi sarana ruang serbaguna untuk berbagai kegiatan pertemuan.
       5.3: Terpenuhinya peningkatan fasilitas pembelajaran dan penilaian
Sasaran:
a.       Sekolah dapat melengkapi kebutuhan media pembelajaran 11 mata pelajaran untuk kelas 7, 8 dan 9
b.      Sekolah mampu mengadakan komputer untuk ruang guru
c.       Sekolah dapat melengkapi kebutuhan komputer untuk ruang TU
d.      Sekolah mampu mengadakan komputer untuk ruang perpustakaan
e.       Sekolah mampu mengadakan komputer untuk ruang Lab. IPA
f.       Sekolah dapat memperluas jaringan internet yang menjangkau seluruh unit yang ada komputernya.
g.      Sekolah dapat melengkapi kebutuhan sarana olah raga atletik dan perlombaan.
h.      Sekolah dapat menambah kebutuhan Laptop dan LCD agar dapat melaksanakan pembelajaran berbasis IT.
6)  Pencapaian Standar Pengelolaan  Manajemen dan Kelembagaan
       6.1 Peningkatan kelengkapan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan.
Sasaran:
a.       Sekolah memiliki dokumen RKS dan RKAS yang representatif
b.      Sekolah memiliki dokumen PSB
c.       Sekolah memiliki dokumen pedoman pembinaan kesiswaan
d.      Sekolah memiliki dokumen tata tertib yang representatif
e.       Sekolah memiliki dokumen kode etik
f.       Sekolah memiliki dokumen penugasan guru
       6.2: Penyempurnaan Struktur organisasi dan mekanisme kerja
Sasaran:
a.   Sekolah memiliki dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi

       6.3: Peningkatan pelaksanaan supervisi, monitoring dan evaluasi
Sasaran:
a.       Sekolah memiliki perencanaan supervisi yang matang
b.      Sekolah melaksanakan supervisi sesuai perencanaan
       6.4: Peningkatan kemitraan dan peran serta dengan masyarakat
Sasaran:
a.       Sekolah memiliki dokumen keberadaan komite sekolah
b.      Sekolah memiliki dokumen program kerja komite sekolah
c.       Sekolah memiliki susunan kepengurusan komite sekolah yang lengkap
d.      Sekolah dapat melaksanakan kerjasama dengan pihak lain
e.       Sekolah dapat memperoleh biaya pendidikan dari orang tua.

7)  Pencapaian Standar  Penilaian
       7.1 Sekolah mengembangkan Perangkat Ulangan Harian, UTS, ulangan kenaikan kelas dan Ujian Nasional.
          Sasaran:
a.   Melengkapi instrumen soal ulangan harian, UTS, Ulangan Semester, Ulangan Kenaikan Kelas dan Ujian Nasional
§  Guru membuat kisi-kisi soal ulangan
·         Guru membuat kartu soal
·         Guru melakukan analisis butir soal
·         Setiap guru mempunyai bank soal
b.   Peningkatan frekuensi Ulangan Harian
§  Semua guru melaksanakan ulangan harian minimal 3 kali dalam 1 semester
·         Hasil ulangan harian diketahui oleh orang tua / wali murid
·         Ada umpan balik dari hasil ulangan harian yang diberikan oleh guru
c.   Membuat Bank Soal untuk semua guru dan semua mata pelajaran
·         Semua guru mempunyai bank soal
·         Semua guru mempunyai locker
d.   Membuat standar penilaian sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan
§  Sekolah mempunyai standar penilaian sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan
e.   Peningkatan kualitas pelaksanaan UTS, Ulangan Semester, Ulangan Kenaikan Kelas dan Ujian Nasional
·         Sekolah mempunyai program pelaksanaan ulangan
·         Sekolah membentuk Panitia Pelaksanaan
·         Pelaporan hasil pelaksanaan ulangan oleh wali kelas/sekolah ke orang tua/wali  murid
f.    Mengintensifkan materi Ujian Nasional dengan mengadakan jam tambahan
§  Melaksanakan jam tambahan
·         Membahas materi esensial untuk semua mata pelajaran


7.2   Sekolah mengembangkan instrumen program perbaikan / remidi dan pengayaan.
Sasaran:
a.   Membuat rencana pelaksanaan program perbaikan/remidi dan pengayaan
§  Membuat program pelaksanaan perbaikan/remidi dan pengayaan
·         Melaksanakan program perbaikan/remidi dan pengayaan
b.   Melengkapi instrumen program perbaikan/remidi dan pengayaan
·         Sekolah menyediakan instrumen analisis hasil ulangan
·         Sekolah menyediakan format program perbaikan/remidi dan pengayaan
7.3   Sekolah menyelenggarakan lomba-lomba, uji coba sebagai upaya peningkatan standar nilai
        Sasaran:
a.   Mengadakan lomba mata pelajaran oleh sekolah
·         Sekolah mempunyai agenda tetap lomba mata pelajaran
·         Melakukan analisa dan evaluasi pelaksanaan lomba mata pelajaran
b.   Mengadakan uji coba oleh sekolah  
·         Sekolah mempunyai program pelaksanaan uji coba mandiri
·         Melakukan evaluasi pelaksanaan uji coba
7.4   Sekolah menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba guna mencapai standar penilaian secara mantap.
        Sasaran:
a.   Uji Coba Materi Ujian Nasional dengan lembaga pendidikan lain
§  Bekerjasama dengan lembaga pendidikan lain untuk uji coba meteri ujian nasional
·         Melaksanakan evaluasi pelaksanaan uji coba.  

8)  Pencapaian Standar  Pembiayaan Pendidikan
       8.1: Sekolah mampu meningkatkan sumber dana pendidikan
Sasaran:
a.       Sekolah mendapatkan minimal 2 sumber dana
       8.2. Pengelolaaan  dana yang efektif dan efisien
Sasaran:
a.       Sekolah mampu mengalokasikan dana untuk 8 standar nasional pendidikan
b.      Sekolah mampu mengalokasikan dana sesuai peruntukan
       8.3. Peningkatan pelaporan penggunaan dana
Sasaran:
a.       Sekolah dapat menyelesaikan laporan penggunaan dana dengan benar
b.      Sekolah dapat melengkapi dokumen pendukung laporan

9)  Pencapaian Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
       9.1: Mengembangkan  budaya bersih
Sasaran:
a.       Sekolah dapat melaksanakan budaya bersih dikalangan tenaga pendidik dan kependidikan
b.      Sekolah dapat melaksanakan budaya bersih dikalangan siswa
9.2: Menciptakan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dan aman
        Sasaran:
a.   Sekolah dapat mewujudkan penghijauan dilingkungan sekolah
b.   Sekolah dapat membenahi pertamanan sekolah
9.3: Pemenuhan sistem sanitasi/drainase
        Sasaran:
a.   Sekolah dapat memperbaiki sanitasi yang telah terbangun sebelumnya
b.   Sekolah dapat membangun ruangan yang belum ada sanitasi/drainasenya.
9.4: Penciptaan budaya tata krama “in action”
        Sasaran:
a.   Sekolah dapat meningkatkan budaya tata krama dalam bentuk yang nyata dikalangan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah
b.   Sekolah dapat meningkatkan budaya tata krama di lingkungan pergaulan siswa.
9.5: Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dan pertamanan
        Sasaran:
a.       Sekolah dapat melaksanakan lomba kebersihan antar kelas
b.      Sekolah dapat melaksanakan lomba keindahan antar kelas
c.       Sekolah dapat melaksanakan lomba kesehatan antar kelas
d.      Sekolah dapat melaksanakan lomba taman antar kelas.

2.    Tujuan Jangka Menengah
Pada kurun waktu  empat  tahun kedepan ( tahun pelajaran 2009/2010 s.d. 2012/2013 ) diharapkan sekolah telah mencapai tujuan berikut :
1.  Pencapaian Standar  Kompetensi Lulusan
a.       Sekolah menghasilkan pencapaian KKM 8,00
b.      Pencapaian angka kelulusan kelas 9 dengan rerata nilai UN 8,50
c.       Sekolah mampu menyelenggarakan / menyediakan sumber informasi berbasis teknologi komputer
d.      Meraih juara 3 dalam lomba mata pelajaran SAINS di tingkat kabupaten
e.       Meraih juara 3 lomba mapel Bahasa Inggris tingkat kabupaten
f.       Meraih juara 3 lomba Sepak Bola / Futsal tingkat kabupaten
g.      Meraih juara 3 dalam lomba tartil di tingkat propinsi
h.      Meraih juara 1 dalam lomba tari di tingkat kabupaten
i.        Meraih juara 1 dalam lomba musik di tingkat kabupaten
j.        Meraih juara 3 dalam lomba atletik tingkat kabupaten
2.  Pencapaian standar isi ( kurikulum )
a.       Sekolah merevisi dokumen I dan II KTSP yang lengkap
b.      Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas VII – IX untuk semua mata pelajaran
c.       Sekolah mengadakan pengembangan SK, KD, Indikator untuk semua kelas dan semua mata pelajaran.
d.      Sekolah mengembangkan RPP untuk kelas VII – IX semua mata pelajaran
e.       Sekolah mempunyai kurikulum muatan lokal
2.  Pencapaian standar Proses Pembelajaran
a.       Sekolah mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatis, dan menyenangkan
b.      Sekolah mampu mengembangkan metode pendekatan CTL
c.       Sekolah memiliki strategi pembelajaran tuntas
d.      Sekolah mampu mengembangkan bahan ajar
4.  Pencapaian Standar Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
a.       Sekolah memiliki tenaga kependidikan yang berkompetensi
b.      Sekolah memiliki tenaga pendidik yang berkualifikasi minimal S1 dan mengajar sesuai bidangnya
c.       Sekolah memiliki guru yang bersertifikat tenaga pendidik 
d.      Sekolah memiliki tenaga kependidikan lain yang berkompetensi (TU, dll)
5.  Pencapaian standar  Sarana dan Prasarana berdasarkan
a.   Sekolah memiliki sarana pendidikan minimal sesuai dengan kebutuhan warga sekolah
b.   Sekolah memiliki prasarana penunjang pendidikan yang lengkap
c.   Sekolah memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap
d.   Sekolah memiliki kelengkapan sarana olah raga.
6. Pencapaian Standar Pengelolaan  Manajemen
a.       Sekolah memiliki dokumen RKS dan RKAS yang lengkap dan representatif
b.      Sekolah melaksanakan MBS secara mantap.
c.       Sekolah memiliki dokumen administrasi PSB yang baik.
d.      Sekolah memiliki dokumen pedoman pembinaan kesiswaan
e.       Sekolah memiliki dokumen tata tertib sekolah yang representatif bagi kepentingan siswa
f.       Sekolah memiliki dokumen kode etik sekolah yang lengkap
g.      Sekolah memiliki dokumen penugasan guru yang lengkap
h.      Sekolah memiliki dokumen administrasi pembelajaran yang baik
i.        Sekolah melaksanakan monitoring dan evaluasi secara periodik.
j.        Sekolah memiliki aturan tentang rekrutmen jabatan-jabatan di sekolah
k.      Sekolah memiliki ketentuan reward dan punisment terhadap guru dan karyawan.
l.        Sekolah memiliki dokumen keberadaan komite sekolah yang jelas dan lengkap.
m.    Sekolah mampu meningkatkan mutu kelembagaan dan manajemen secara mantap.
7.  Pencapaian Standar  Penilaian Sekolah mengembangkan perangkat model-model penilaian.
a.       Sekolah mengembangkan instrumen soal ulangan harian, ulangan semester, dan Ujian Nasional.
b.      Sekolah mengembangkan instrumen program perbaikan/remidi dan pengayaan.
c.       Sekolah menyelenggarakan lomba-lomba, uji coba sebagai upaya peningkatan standar nilai.
d.      Sekolah mengembangkan berbagai kegiatan untuk mencapai standar penilaian secara mantap.
8.  Pencapaian Standar  Pembiayaan Pendidikan
a.       Mengadakan penggalangan dana dari berbagai sumber yang syah.
b.      Mengadakan penciptaan usaha-usaha yang produktif.
c.       Mengadakan optimalisasi pendayagunaan potensi fasilitas sekolah.
d.      Mengadakan jaringan kerja dengan stakeholder yang peduli terhadap pendidikan di SMP NEGERI 1 GRUJUGAN.
9.      Pencapaian lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dan aman
a.       Sekolah mewujudkan budaya bersih pada seluruh warga sekolah
b.      Sekolah mewujudkan penghijauan/taman pada setiap halaman ruangan
c.       Sekolah menambah/memperbaiki sanitasi untuk semua jalur ruangan
d.      Sekolah mempraktekkan tata krama secara langsung dengan semua warga sekolah
e.       Sekolah mengadakan perlombaan pertamanan kelas

3.   Sasaran Jangka Panjang tahun 2007-2015
1.      Mewujudkan lembaga sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar dan menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa.
2.      Mewujudkan prestasi akademik rata-rata 7 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan.
3.      Memiliki tim sepak bola yang mampu menjadi juara minimal juara III tingkat kabupaten.
4.      Memiliki tim PMR yang mampu menjadi juara di tingkat kabupaten untuk lomba KIR
5.      Memiliki group kesenian/vocal yang mampu menjadi juara minimal juara III tingkat kabupaten.
6.      Memiliki regu pramuka yang mampu menjadi juara minimal juara III untuk lomba tingkat kabupaten
7.      Memiliki calon qori’ dan qori’ah yang mampu menjadi juara tingkat kabupaten untuk MTQ maupun tartil minimal juara III.
8.      Memiliki kelompok siswa yang handal dalam speaking aktif maupun learning story yang mempu menjadi juara tingkat kabupaten minimal juara III
9.      Memiliki kelompok/tim siswa yang handal dibidang sains dan matematika yang mampu menjadi juara harapan I untuk lomba olympiade tingkat kabupaten
10.  Memiliki Lab IPA dan Komputer dengan multimedia untuk mendukung kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran Fisika, Biologi dan TIK.
11.  Memiliki perpustakaan yang lengkap sehingga mampu menjadi juara I tingkat kabupaten.
12.  Memiliki sarana pembelajaran berbasis digital, yaitu Laptop dan LCD sehingga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran secara efektif.
13.  Memiliki sarana dan prasarana olah raga yang memadai untuk kegiatan olah raga siswa.
14.  Memiliki sarana dan prasarana ibadah yang lengkap sehingga menjamin kenyamanan ibadah siswa dan warga sekolah pada umumnya.
15.  Memiliki ruang khusus untuk koperasi sekolah yang mampu melayani kebutuhan siswa dan wagra sekolah umumnya.
16.  Memiliki perangkat sound system lengkap yang mampu mendukung kegiatan upacara dan pentas seni.
17.  Memnyempurnakan sarana air bersih yang memadai untuk suplay air di sekolah.
18.  Menambah sarana UKS yang memadai untuk kegiatan rutin kesehatan sekolah dan mampu mengatasi keluhan ringan siswa.

E.  KONDISI NYATA
Dengan membandingkan antara kriteria dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan pada tahun 2006 diperoleh kondisi nyata sebagai berikut:

No
Indikator
Tolok Ukur Nasional
Kondisi Nyata Sekolah
1
Angka Mengulang Kelas
2%
0 %
2
Tingkat pelayanan Sekolah
90%
85%
3
Tingkat Kelulusan
100%
99,67%
4
Penilaian Eksternal Melalui Uji Mutu
90%
90%
5
Rasio Guru mapel per rombel
90%
85%
6
Ketersediaan Guru dan Kepala Sekolah
90%
90%
7
Guru yang Layak Mengajar
90%
85%
8
Siswa Memiliki buku yang lengkap
90%
80%
9
Tanggungjawab guru mengajar dll 36 jampel
90%
90%
10
Ketersediaan Tenaga non Kependidikan
80%
80%
11
Prasarana  Sekolah
90%
85%
12
Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa
80%
70%
13
Peran serta masyarakat
80%
70%

F.         KONDISI YANG DIHARAPKAN
Berpijak pada kondisi sekolah, masa depan SMP Negeri 1 Grujugan  Kabupaten Bondowoso diharapkan menjadi sekolah yang dapat  merefleksi aspek-aspek, yang meliputi:
a.       Standar Isi
b.      Standar Proses
c.       Standar  Komptensi Lulusan
d.      Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
e.       Standar Sarana Prasarana
f.       Standar Pengelolaan
g.      Standar Pembiayaan
h.      Standar Penilaian.
i.    Standar Budaya Lingkungan Sehat, Asri, Indah, Rindang, Sejuk, Dan Aman
Sehingga terealisasi Visi SMP Negeri 1 Grujugan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar